Delapan Penunggang Kuda Menuntut Pemilik Meadowlands Atas Larangan Terkait Doping

Operator Meadowlands Racetrack Jeff Gural telah muncul selama dekade terakhir sebagai pemimpin dalam upaya untuk memberantas doping dari olahraga balap harness. Dan sementara yang lain hanya dapat mencela praktik ilegal tersebut, Gural telah melakukan jauh lebih banyak, selama bertahun-tahun melarang penunggang kuda yang dia simpulkan sebagai “kotor.”

Tapi minggu lalu, delapan pria mengajukan gugatan di Pengadilan Distrik Utara New York, menuduh bahwa “boikot” Gural terhadap penunggang kuda sedang dilakukan dalam kasus mereka untuk memungkinkan dia mendapatkan keunggulan kompetitif untuk kudanya sendiri.

“[Gural] memiliki minat pada sejumlah kuda yang dia balapan di Tioga, Vernon dan/atau The Meadowlands,” menurut gugatan itu. “Memang, Gural memelihara kandang kuda yang dia pacu di The Meadowlands.”

Kapildeo Singh, Lawrence Dumain, Ira Wallach, Brian Wallach, Yves Sarrazin, Erlin Hill, Bruce Soulsby, dan Alan Weisenberg adalah penggugat. Sarrazin memiliki 60% dari When Dovescry, pemenang Hambletonian Oaks 2019, balapan olahraga paling bergengsi dan menguntungkan untuk trotter wanita berusia 3 tahun. Singh, Dumain, dan Soulsby masing-masing memiliki 10% saham, menurut gugatan itu. Orang-orang itu menyatakan bahwa mereka bermaksud untuk balapan When Dovescry — yang telah menghasilkan lebih dari $ 1 juta uang saku — di Meadowlands tahun ini, serta di Tioga Downs dan Vernon Downs, dua trek di bagian utara yang juga dimiliki oleh Gural.

Kerusakan jaminan di federal sting?

Dunia pacuan kuda diguncang oleh skandal pada Maret 2020, ketika 27 pria dan wanita didakwa dalam skema doping balap kuda yang ekstensif. Minggu berikutnya, Rene Allard, pada saat itu pelatih terkemuka kedua di Yonkers Raceway, didakwa dalam skema yang sama, bersama dengan beberapa orang lainnya. Keluhan terhadap Allard, yang melatih When Dovescry pada 2019, menuduh bahwa “kuda-kuda di bawah kendali Allard telah mati setelah menerima obat-obatan palsu dan salah merek.”

Pada tahun 2019, Allard diduga telah mengirim SMS ke rekan konspirator yang mencari “asam merah”, obat peningkat kinerja yang terkenal di industri untuk mengurangi peradangan pada persendian.

“Allard telah diizinkan untuk terus bekerja dengan kuda di sebuah kandang di Florida, selama kuda-kuda itu tidak dimaksudkan untuk berpartisipasi dalam balapan,” menurut dakwaan.

“Gural memanfaatkan situasi yang melibatkan Allard yang menikam kuda di Florida untuk mengurangi persaingan Gural dengan mengecualikan Penggugat dan lainnya dari bersaing dalam balapan di Tioga, Vernon dan The Meadowlands. Penggugat tidak berniat untuk membalap kuda mereka yang dikandangkan oleh Allard, dan sebaliknya hanya bermaksud untuk membalap kuda-kuda yang dilatih oleh pelatih lain.”

Larangan luas oleh Gural mengenai penunggang kuda yang berafiliasi dengan Allard – yang dilembagakan pada Maret 2021 – tidak ditegakkan secara merata, para penggugat menuduh, dengan mengatakan bahwa penunggang kuda lain dapat berlomba di trek Gural meskipun keadaan mereka tentang Allard mencerminkan penggugat ‘.

Tetapi Gural berkata pada saat pelarangan, “Untuk mengetahui bahwa orang benar-benar memberi [Allard] kuda untuk dilatih setelah apa yang ditemukan oleh penyelidikan federal mengejutkan pikiran. Satu-satunya alasan saya melakukan ini [ban] adalah untuk membersihkan balapan sehingga kita mungkin memiliki masa depan dan untuk melindungi orang-orang yang mencoba mengikuti aturan.”

Lebih banyak dugaan kerugian bagi penggugat

Para penunggang kuda menambahkan bahwa mereka terpaksa menjual banyak kuda pacuan mereka dengan harga “di bawah harga pasar” karena penunggang kuda yang tidak terkena larangan tersebut tidak ingin memiliki salah satu penggugat sebagai mitra.

“Untuk berpartisipasi sebagai pemilik yang layak dalam industri balap harness, Penggugat harus memiliki kemampuan untuk menstabilkan dan melatih kuda mereka, mengkualifikasikan kuda mereka dalam balapan kualifikasi yang disetujui, dan memiliki kemampuan untuk mengikuti balapan di seluruh wilayah New York dan New Jersey, Gugatan itu menyatakan

Salah satu kuda yang terjual dengan cepat lima bulan lalu adalah Springsteen, putra Rock and Roll Heaven berusia 6 tahun, yang mendapatkan enam angka.

Gural tidak malu-malu melarang banyak penunggang kuda yang dicurigai melakukan doping dan praktik ilegal lainnya selama bertahun-tahun sebelum skandal 2020, dengan banyak penunggang kuda memuji aktivismenya – Gural mengatakan dia menghabiskan sekitar $ 1 juta investigasi bankrolling – dan yang lainnya mencelanya. Pada tahun 2016, Gural bahkan memberikan larangan seumur hidup kepada Presiden Asosiasi Pemilik Standardbred di New York Joseph Faraldo di dua jalurnya di New York karena membiarkan tersangka doper Richard Banca melatih dua kudanya.

Faraldo menjawab pada saat itu bahwa “Mr. Gural telah menempatkan dirinya sebagai hakim dan juri atas hak-hak orang dalam permainan ini dan telah melakukannya dengan cara yang sangat munafik.”

Banca termasuk di antara pelatih yang disebutkan dalam dakwaan besar-besaran Maret 2020. Dia dan Allard telah mengaku tidak bersalah, meskipun pelatih legendaris Monmouth Park Jorge Navarro dan yang lainnya telah mengubah pengakuan mereka menjadi bersalah.

“Ini sedikit mengecewakan ketika Anda mencoba untuk membersihkan masalah narkoba, kita sekarang harus menyewa pengacara mahal untuk membela kita terhadap gugatan ini, yang pada dasarnya menyebut saya tidak jujur,” kata Gural dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. “Lebih parahnya lagi, kami tidak mendapat kerja sama dari para penunggang kuda yang suka mengadukan narkoba itu, tapi tidak mau membantu kami menangkap pelakunya. Gugatan itu tidak berdasar, dan kami akan membela diri dengan penuh semangat terhadap tuduhan ini dan berharap dapat dibuktikan di pengadilan.”

Foto: Michael Karas/NorthJersey.com

  • Leave Comments